Ada Yang Bisa Jawab Tebakan Gue, Can You?



Written by Delta Rahwanda
Hei hei I have a guess for anyone? Tebakan ini biasanya gue pake kalo pas lagi ngisi training motivation ke mahasiswa and juga orang yang kebetulan jadi my students. Pas lagi training biasanya gue selipin beberapa game and tebakan buat ngisi waktu and ngilangin rasa ngantuk peserta. Tebakannya gampang tapi agak susah juga ngejawabnya? Kalo kalian bias jawab nie tebakan tanpa bertanya ke siapa pun, tandanya elo emang tergolong anak jenius. Are you ready?

Ok.. begini soalnya? Gue punya temen 3 orang namanya Rian, Beni and Yosi. Waktu hari minggu mereka bertiga maen, emang dah agenda mingguan si mereka maen ke rumah. Siang hari kita mutusin mo beli rokok, so Rian kasih uang 2,500, si Beni kasih 2.500 and si Yosi juga kasih 2.500. Berapa totalnya? Of course 7.500. Gue nggak ikutan iuran donk, kan gue tuan rumah he he….Next gue pergi ke hypermarket buat beli satu bungkus rokok. Harga satu bungkus cuman 7.000. Gue langsung balik ke rumah tanpa mampir-mampir lagi. Sampe rumah gue kasih tu rokok ke mereka. Sisa uang yang di gue masih 500 (semuanya receh ratusan, ada lima biji). Setelah di bahas, kesimpulannya seratus gue kasihin buat Rian, seratus lagi buat Beni, Yosi juga kebagian seratus, masih sisa berapa? 200 kan? Karena gue yang pergi beli rokok, uang sisa 200 itu buat gue. So far, gak ada masalah kan ma soalnya?

Tadi mereka bertiga iuran masing-masing 2.500 kan? Trus masing-masing juga gue balikin seratus, so berapa mereka iuran? 2.400 kan untuk satu orang? Bener nggak? 2.500 – 100 = 2.400 kan? Na sekarang let’s see? Berarti mereka iuran 2.400 kalo di kali tiga berapa? 2.400 * 3 = 7.200 kan? Nah tadi masih sisa 200 ma gue, trus kalo kita tambahin jumlahnya jadi 7.400 (7.200 + 200 = 7.400) Pertanyaanya? Dimanakah seratus rupiahnya? Bukannya di awal jumlah uangnya ada 7.500? Can anyone answer?
Ditulis tanggal 18 Januari 2009

Comments