No More War in Gaza


-->
Written by Delta Rahwanda

Akhirnya di Gaza telah jauh melampaui angka 1000 korban meninggal. Belum lagi korban luka-luka yang penduduk Palestina alami. Gudang stok makanan dan obat-obatan PBB di Bom oleh tentara Israel. Sebuah Rumah Sakit yang penuh dengan pasien juga ikut di bombardir oleh tentara Israel.
Sedikit kabar menggembirakan bahwa Hamas telah bersedia melakukan gencatan senjata dan berunding. Perundingan ini di perantarai oleh Mesir sebagai pencetus. Namun masih saja tentara Israel menyerang kotaGaza, malah sempat mengklaim bahwa Gaza telah mereka kuasai.
Kadangkala saya berfikir dimanakah sebuah keimanan itu ketika perang terjadi. Sulit sekali memilah-milah antara dendam, kepentingan pribadi, urusan golongan dan lainnya. Semuanya mengakui beriman bahkan Jewish dan Muslim berasal dari satu garis yang sama. Di satu fihak mereka mengklaim beriman dan berteriak menyebutkan yang lainnya tidak beriman. Yang berimanpun memiliki keputusan yang sama yaitu harus berperang adalah solusi terakhir. Lalu di mana kalimat beriman yang mereka katakan? Yang mengklaim dirinya mengenal Tuhan saja memilih keputusan untuk berperang apalagi orang yang mereka klaim tidak beriman. Tentunya akan lebih fatal dalam memutuskan suatu perkara.
Artinya, yang beriman saja memilih untuk membunuh apalagi kepada mereka yang di anggap tidak beriman. Akhirnya sama saja kan? Klaim-klaim yang dimunculkan untuk mencitrakan image mereka akhirnya useless. Karena kedua-duanya idem dan memiliki solusi yang sama yaitu perang!
Perang bukanlah sebuah solusi! Malah akan menciptakan bibit dendam di generasi berikutnya. Perang akan menjadi rentetan kisah motivasi untuk berperang pada sesi berikutnya! Semoga saudara-saudara kita di Gaza diberi ketabahan dan kekuatan, amiin.
Semoga berguna dan bermanfaat.
Ditulis tanggal 19 Januari 2008

Comments