A trip to Singapore and Kuala Lumpur (Malaysia)

Oleh Delta Rahwanda

-->
Akhirnya datang juga hari yang ditunggu-tunggu! A trip to abroad, sebenarnya acara intinya adalah Comparative Study Program alias Study Banding. Kebetulan ada kesempatan bisa ikutan ke sana so kapan lagi bro. Program ini udah lumayan lama direncanakan. Sejak setahun yang lalu kita dah umumin about program ini ke mahasiswa so mereka bisa nyicil untuk bayar biayanya. Lumayan banyak dan bahkan terlalu banyak, ada 50 orang mahasiswa Universitas Malahayati yang ikutan. Itu juga sempat banyak yang maksa mo pada ikutan juga, tapi karena kita takut kewalahan so dibatasin deh.
Tanggal 8 Desember 2008 (pas banget ma hari raya Idul adha), malam harinya kami kumpul di halaman gedung rektorat Unimal. Kita naek bis ke Jakarta guys jam 9 malam trus sampe Sukarno hatta Airport kira-kira jam 5 pagi (waktu itu sempet samar2 denger azan si) and kita langsung shalat Subuh. Yang kita heran, Bandara segede and setenar ntu Mushala yang tersedia kecil banget, kurang lebih dua kali dua meter gitu trus cuman dari triplek lagi. Sempet miris juga ngeliatnya, atau mungkin itu hanya salah satu mushala cadangan aja ya. Selesai shalat subuh, ada insiden kecil happened. Spanduk and buku biografi kampus tertinggal di bis. Terpaksa deh ngurusin, eeh kebetulan si mahasiswa yang dititipin mo jemput tuh pake taxi. So far, the problem solved.
Tepat jam 8 pagi, its time to leave! Kita kumpul untuk ngurusin passport and others and then nunggu di lobi (lumayan lama si nunggunya), next kita menuju anjungan penumpang, nggak lama kita masuk deh ke pesawat. Take off and fly away! Eeiit kita gak ke Singapore langsung, tapi kita transit dulu ke Batam. Sengaja sih buat ngehindari fiscal. Jam setengah sebelasan gitu kita dah sampe di Bandara Batam Hang Nadim. Nggak pake lama kita langsung ke pelabuhan B Batam, kurang lebih satu jam pake bis, waktu itu kita dah dijemput ma travel agent di sana. Sampe di pelabuhan B, urus-urus surat and lunch, kita langsung deh cabut ke feri. There was a little accident! Ada beberapa mahasiswa yang kena fiscal, ada 7 orang. Bingung deh kita! Kata pegawai imigrasi Lampung, nggak akan kena fiscal kalo kita buat passport di lampung meski alamat mereka dari jawa. Seharusnya ada 13 orang yang kena fiscal tapi karena cuman satu pegawai yang reseh (bagian tiketing fery:red), akhirnya cuman 7 orang yang kena. Thanks God! 7 orang harus bayar tiga juta lima ratus ribu rupiah. Case is closed cause we have the money he he!!
2 jam di fery, ngantuk juga! Hampir semuanya sempetin buat tidur. Pak Rektor (Mr Mustafa Usman), Dekan FKM (Mr Dessy), Direktur RSBAH (dR. Billy) juga pada tidur. Gua sendiri yang gak bisa tidur, soalnya pas di sebelah ada 2 anak kecil lagi asyik maenin PS P, berisik banget. Mereka sempet berantem gitu, tapi gue gak ngerti soalnya pake bahasa China! Sempet juga take some “sleeping faces” mahasiswa, Ayu Vianti lagi bobo di sebelah Ziela Loenita, di ujung kiri ada Ira lagi bobo ciang juga trus di belakang gue ada Nur Fauziyah Arif cendiri without her boyfriend. Di bagian depan ada Rima Purnama, Rangga and Randi. Jam setengah 2 kita sampe di Singapore port, langsung turun and bawa travel bag masing-masing. Di sinilah tempat paling ngebetein kalo lagi on vacation. Kita ada 50an orang and bakalan di cek one by one passportnya, Lama buanget kale!! Eh ternyata beneran! Pas lagi antri, gue sempet baca di digital information board. Awalnya pake bahasa Inggris, artinya kurang lebih begini “matikan Hp anda ketika sedang dalam proses pemeriksaan”. Sedetik kemudian dirubah jadi bahasa Melayu ala Singapore. Gue ketawa berbarengan ma mahasiswa. Aneh aja ngebacanya, yang gue inget telepon genggam ntu kalo bahasa melayu ala Singapore TALIPUN BIMBIT (what is that?).
Setelah semua dirasa beres, gue berdiri and nungguin sampe mahasiswa terakhir. Setelah dicek ternyata kurang 2 orang lagi. Where are they? Ternyata mereka masuk ruangan khusus karena si Arif (cowoknya nur Fauziyah) passportnya gak kebaca waktu discan pake infra red, si Denis (cowoknya Yeni) juga bermasalah ama passportnya. 3 jam kita nungguin mereka. Uhh what can I do?
Muter-muter di port, kita turun ke highway, nunggu di halte, bengong, kecapean, bolak-balik bawa travel bag, naik turun jembatan, terlihat aneh there, akhirnya final solution kita cari taxi menuju hotel. Waktu itu hampir mahrib gitu. Gue kebagian bareng Randi and Bejo. We went to Geylang lorong 20 hotel Fragrance. Sounds weird? Kita juga baru tahu setelah sampe di sana, ternyata geylang ntu daerah lokalisasi di Singapore. Waaaa! Tapi hotel kita bukan hotel mesum lho. Kebetulan lokasinya yang terletak di sana. Banyak Cewek di pinggir jalan booo, cewek-cewek tahun 90an yang maksa jadi gadis 2008, weleh-weleh…Bukan jadi enjoy, malah jadi enek ngeliatnya.
Mandi, shalat, ganti baju and dinner. Pas dinner sempet bingung soalnya susah nyari makan yang halal tapi akhirnya nemu juga, tapi gak enak, apa boleh buat daripada laper. Then ngobrol bareng Aman Rohman (salah satu mahasiswa gue), kebetulan dia juga satu kamar. Jam 9 malem sempet juga ngobrol di kamar Ayu and Ziela trus masuk ke kamar Rizki Amelia and Rima Purnama. Ngobrol aja sambil ngintip-ngintip kejadian di luar sono. Ngantuk berat gue balik ke kamar, Aman Rohman dah tidur….It was the end of December 9th, 2008…….ZZZZZZZZ
December 10th, 2009… We visited HP center di Singapore. I had amazing moment there, kita diajak masuk ke “future house” (mereka bilangnya gitu), woy men keren banget! Isinya segala prodak masa depan dari HP, infra red keyboard, Future PC, Bus Chip, robotic cafĂ© (foto gue sempet dipampang sejajar bareng ma Presiden Taiwan coy) and more. Kalo you pernah liat pelem James Bond 007 yang Quantum of Solace, kira-kira kaya gitulah teknologi yang gue liat di HP Center. Selesai liat-liat kita di kasih mouse pad kengan-kenangan dari Hp, ada foto kita lho di dalamnya, lumayan lah. Selesai jam satu siang, the trip was not over yet! Selesai dari HP kita langsung deh ngeluyur. Gue waktu ntu maen bareng Winda Widya (Mereka bilangnya si teteh), Ayu alias Pak Raden, Ziela Loenita alias lontong hua ha ha (sorry Zi). Kita ke Mustafa Shopping Center, trus Little India, Masjid apa ntu ya gue lupa, and having luch there. Note: rasa masakan juga sama dengan last night alias aneh! Belanja, foto-foto, trus kita ke Merlion (patung singa landmark Singapore), foto-foto lagi deh. There we met Ira, Nia and Metty. Bis ntu pulang deh ke hotel, kecapean, tiduuuur..….It was wonderful moment…Sebenernya ceritanya gak sesingkat ini, tapi takut kebanyakan..It was the end ofDecember 11th, 2008 and ZZZZZZZZ…
Next morning, sebagian pergi ke NUS or National University of Singapore. Ada official meeting di sana sampe jam 2 siang. Hari ntu memang bener-bener hari yang serius and no trip! Jam 3 sore we left Singapore, eh mendadak hujan deres banget, tapi show must go on! Naek bis five star kita nyebrang jembatan trus nyampe deh ke Malaysia, ternyata deket banget. Urus passport, dinner trus caw ke Kuala Lumpur. 3 hours simply ran within the bus! Jam 9 kita sampe di Kuala Lumpur tepatnya di Pudu Raya, kita nginep di Citin Hotel. Ga pake ribet, kita langsung masuk kamar masing2, mandi, dinner and ZZZZZZZZZ…. A simple day!
December 12th, 2008, jam 7 kita breakfast di hotel, mandi, merasa well dressed kita langsung ke UPM alias Universiti Putra Malaysia. This would be a serious day! Seharian di sana, kita langsung balik ke hotel and take a nap. Jam 7 malem, jalan kaki, kita ke Time Square, Bukit Bintang and nguber menara Petronas. We were Delta, Bejo, Ayu, Ziela, Winda, Wulan, Wina. “Malu bertanya sesat di jalan, banyak bertanya tandanya bego” Setelah nanya 2 kali ke polisi finally kita sampe di Petronas. It was amazing man! Foto-foto lagi and lagi, We’re all Banci Foto! Karena takut banyak bertanya and di bilang bego, kita pulang nake taxi he he…Sampe hotel, dinner, tepar and ZZZZZZ….
December 13th, 2008, jam sepuluhan kita caw ke China Town and Masjid Jami’ for shopping seharian, cuapeee!! Whole day is for shopping and traveling.
December 14th, 2008, Shopping and shopping lagi. Tapi hari ntu hari yang apes buat kita soalnya at 2 PM I just realized that I lost my camera, Someone stole it from me. I don’t know where. Tapi gue juga gak ambil pusing ma ntu kamera. Yang sedih malah si Ziela and Ayu soalnya foto mereka juga smuanya di situ. Kalo gue si nggak mikirin banget, seleb ini, foto gue kan ada di banyak kamera hua ha…seharian gue puas-puasin foto pake kamera Wina, soalnya it was the last day, sorenya kita ke Kuala Lumpur Tower……Day went on till night….ZZZZZZZZ
December 15th, 2008, Hari terakhir and kita harus check out jam 12 tepat. Belanja bentar buat oleh-oleh family and friends, packing and check out. Sambil nunggu jemputan gue sempet bengong and berjanji one day I have to be here for the 2nd time. Sempet juga maen tebak-tebakan ma Dennis, Shelvi alias cicil, Ziela and Ayu. Akhirnya datang juga! Sedih dan seneng semuanya campur aduk jadi satu lantaran mau ninggalin this country. Sampe Bandara kita nunggu and bis mahrib take off deh ke Jakarta. Koes Plus song: Ke Jakarta aku kan kembali….Sampe Sukarno Hatta Airport, kita naek bis balik ke Lampung, Berhenti bentar di Rest Area for dinner, soon get home every body!! Sampe Our lovely Malahayati University jam 9 an gitu deh and kita langsung balik ke kandang masing-masing..Yang mahasiswa kembali harus belajar and pusing mikirin mata kuliah mereka, Pak Mustafa Usman, Pak Dessy, dR. Billy, Mr Wahyu and Gue Delta Rahwanda harus kembali bekerja dengan sejuta aktivitas yang ada. Kebetulan gue juga ada tanggungan 18 kelas yang harus gue ajar.
That is our entire trip and sounds no special thing but it was very special for us!! Too hard to explain it. The moment will never be back even we will be there next year. The moment between YOU and ME!!!!!