“Every One is a Teacher”



Oleh Delta Rahwanda

Cita-cita merupakan sumber motivasi.
Dia adalah motivator nomer wahid bagi setiap insan.
Banyak sekali film dan buku yang berkisah tentang kekuatan mimpi atau cita-cita. Sebuah alasan mengapa seseorang begitu bersemangat dalam menjalani hidup untuk mengejar apa yang dicita-citakan. Salah satu film yang sangat menginspirasi saya adalah Pursuit of Happiness. Mengisahkan tentang seseorang yang berusaha mencari kerja demi kehidupan yang lebih baik bagi keluarganya. Banyak hal yang dialami namun sang aktor selalu tegar menjalani. Ada beberapa scenes yang tercatat dalam memory saya tatkala dia (Will Smith) tidak pergi ke toilet ketika jam kerja dan mengurangi waktu makan siang demi mendapatkan waktu kerja yang lebih lama dibandingkan rekan-rekannya. Hingga apa yang telah dilakukannya memberikan hasil seperti yang diharapkan. 

Kelas Inspirasi #3 Lampung
Kekuatan mimpi juga mendorong saya untuk membagikan mimpi-mimpi itu kepada individu lain. Salah satu cara yang membuat saya tertarik untuk terlibat di dalamnya bernama Kelas Inspirasi. Ini adalah kali ke dua saya bergabung di program KI. Kelas Inspirasi melibatkan banyak individu dengan berbagai jenis pekerjaan untuk mengajar dan menjelaskan tentang apa profesi mereka sehari-hari. Dengan harapan, seluruh siswa mengerti bahwa banyak sekali cita-cita yang bisa dipilih ketika mereka dewasa kelak. 

Emilia, salah seorang inspirator
Ekspresi salah satu siswa ketika sesi icebreking
 
Grup 5 di MI Al Ijtihad, Panjang, Lampung
Setelah pembagian kelompok oleh panitia, saya masuk pada kelompok 5 yang berlokasi MI Al Ijtihad. Tepat pukul 06.30 kami bertemu di titik kumpul kemudian bersama-sama menuju sekolah. Kami disambut oleh pada dewan guru dan beberapa siswa. Upacara bendera adalah sesi pertama yang kami ikuti. Upacara bendera ini spesial bagi saya yang tidak pernah mengikuti upacara bendera sejak beberapa tahun yang lalu. Kegiatan ini mengundang memori saya ketika masih duduk di sekolah dasar yang dahulu sering kali terlibat dalam upacara bendera setiap hari senin. Icebreaking, perkenalan dan sambutan menjadi acara berikutnya. Sesaat setelahnya, seluruh siswa masuk ke dalam kelas dan disusul para inspirator. Riuh siswa terdengar sesaat setelah inspirator membuka pertemuan di kelas. Sebagai relawan photographer, saya berkesempatan mengamati aktifitas setiap inspirator yang begitu sempurna menyampaikan profesi mereka. Satu hal yang kemudian tertulis dalam benak saya bahwa “Setiap dari kita adalah seorang guru”.

Delta Rahwanda (Relawan Photographer)









Comments