Gerakan Membawa Tumbler



Oleh Delta Rahwanda


Siapa yang tidak suka jalan-jalan?
Tentu saja kita semua suka jalan-jalan. Namun sadarkah kita ketika semakin banyak pengunjung datang ke suatu lokasi tertentu maka potensi kerusakan/ kotor lokasi tersebut semakin besar. Tempat yang tadinya bersih bisa menjadi kotor seiring dengan banyaknya pengunjung yang datang. Tentu sebagai seseorang yang senang jalan-jalan, kita harus mengerti dan mawas terhadap masalah ini. Ada sebuah solusi yang sederhana yang telah kami lakukan untuk mengurangi sampah dan tentu membantu menjaga keasrian lingkungan. Karena sederhana, hal ini seringkali dilupakan. Solusi yang telah kami lakukan dan laksanakan sejak lama adalah dengan membawa tumbler/ botol minum kemanapun kami bepergian baik jalan-jalan, traveling, kuliah, sekolah, bekerja dan lain-lain. 

Mengapa tumbler?
Pertanyaan ini mungkin muncul di benak anda dan apa kaitan penggunaan tumbler dengan kebersihan lingkungan. Jika kita telaah sekilas saja barangkali cara ini tidaklah berhubungan dengan kebersihan lingkungan. Namun ternyata cara ini merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap kebersihan lingkungan sekitar kita khususnya dalam hal mengurangi sampah plastik yang menjadi salah satu masalah utama di setiap kota besar. Sampah plastik sangat sulit terurai sehingga menjadi faktor utama penyebab banjir dan masalah lingkungan lainnya. Sampah tersebut juga menjadi sumber bahaya di lautan karena faktanya setiap sampah plastik umumnya selalu menuju lautan dan akan semakin menjadi masalah ketika telah berkumpul di lautan. Pernah mendengar pulau yang terbentuk oleh sampah di samudra Pasifik yang besarnya bisa melebihi pulau Madura? Pulau ini hampir semuanya terbentuk oleh plastik. Tentu saja sampah ini sangat berbahaya untuk hewan-hewan yang mengira plastik tersebut adalah makanan mereka. Sudah banyak data menjelaskan bahwa banyak sekali hewan dan ikan yang mati seperti anjing laut, penyu, walrus, lumba-lumba, burung dan beberapa hewan lainnya. Secara garis besar bahwa sampah plastik menjadi sumber utama permasalahan lingkungan di kota adalah fakta yang tidak bisa dibantah lagi.

Dengan selalu membawa tumbler merupakan salah satu solusi efektif dalam mengurangi masalah ini. Sebuah penelitian pernah menjelaskan bahwa seorang manusia membuang sebanyak 167 botol minum kemasan setiap tahunnya. Sebuah angka yang sangat fantastis bukan? Bayangkan jika kita hitung saja jumlah manusia sebanyak 2 milyar (Saat ini jumlah penduduk 6 milyar) yang membuang botol minum maka jumlah yang didapat adalah 334 milyar botol setiap tahun. Tidak terbayangkan oleh saya seberapa besar gugusan plastik tersebut jika dikumpulkan menjadi satu!

Dengan cara yang sangat sederhana ini ternyata kita telah menjadi sosok yang aktif dalam menjaga lingkungan kita. Artinya bahwa kita tidak lagi membuang botol minum karena kita selalu membawa tumbler sendiri yang bisa kita pakai berulang-ulang.
Manfaat menggunakan tumbler:
1.      Membantu mengurangi penggunaan botol minum kemasan.
2.      Sehat karena kita selalu mengerti kualitas air minum kita.
3.      Lebih hemat karena kita tidak perlu membeli air minum kemasan.
4.      Aman dipakai berulang-ulang.
5.      Bisa digunakan untuk air dingin dan panas.

Jadi bagi para sahabat sekalian, jika kalian peduli dengan lingkungan maka salah satu langkah awal yang kalian bisa lakukan adalah dengan selalu membawa tumbler sendiri. Kemudian selanjutnya adalah menginformasikan kepada sahabat dan keluarga kalian mengenai solusi ini. Semakin banyak orang yang melakukan maka akan semakin massive dampak yang dirasakan.



Comments