Ruang Jingga #1000tumblers4lpg: MI Islamiyah Pahmungan (1 of 3)

Oleh Delta Rahwanda


 Gelaran kali ini telah kami persiapkan cukup lama yaitu sejak 2 bulan yang lalu lantaran bulan Desember 2015 dan Januari 2017 adalah waktu peralihan dari semester ganjil ke genap. Maka tanggal 4 Februari kami anggap tanggal yang tepat untuk mengawali gelaran pertama di tahun 2017 dan merupakan gelaran ke-9 sejak tahun 2015. Survey telah dilakukan pada bulan Januari 2017 oleh beberapa pengurus Ruang Jingga yaitu Mas Tri, Mas Andreas dan Mbak Mamik. Awalnya info sekolah tersebut kami dapat dari internet. Artikel tersebut menyebutkan bahwa kondisi MI Islamiyah tergolong memprihatinkan dengan kondisi sekolah terbuat dari papan dan tidak pernah direnovasi sejak tahun 1983. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa kami memilih MI tersebut untuk gelaran #1000tumblers4lpg yang ke-9.

Persiapan sedikit demi sedikit kami lakukan mulai dari berkoordinasi dengan seluruh pengurus, memilih tanggal gelaran dan mencari calon donatur yang bersedia membantu menjadi bahasan utama kami. Info gelaran kemudian kami bagikan di akun sosial media IG: @ruangjinggalpg dan Timeline: Ruang Jingga dan ternyata banyak pihak yang antusias untuk membantu. Beberapa berasal dari Lampung dan sebagian berasal dari luar Lampung seperti Jakarta. Donatur dari Jakarta misalnya, mereka siap membantu alat pembelajaran, alat peraga, cat, tas sekolah dan lain-lain. Hal ini sangat membuat kami terkesan dengan semangat para donatur apalagi ketika mereka menyampaikan bahwa berniat datang langsung ke lokasi sekolah.

Berkolaborasi dengan Robby Purba
Seperti kita ketahui bersama, Robby Purba merupakan salah satu actor dan host nasional yang berasal dari Lampung. Tentu saja Robby sapaan akrabnya memiliki hubungan emosional yang kuat dengan kota kelahirannya. Robby memutuskan untuk ikut gelaran ke-9 ini yang merupakan gelaran ke dua yang pernah diikutinya. Sebelumnya Robby pernah mengikuti gelaran ke-7 di MI Darul Falah, Teluk Betung, Bandar Lampung. (di sini) Di tengah kesibukannya menjadi host acara pencarian bakat, Robby sangat antusias mengikuti gelaran ini. Ada sesi khusus dimana Robby memberikan motivasi kepada siswa-siswi MI Islamiyah Pahmungan. Di awal acara Robby juga asyik berbaur dengan para relawan dan siswa-siswi ketika sesi ice breaking di halaman sekolah.

Robby Purba ketika sesi Icebreaking

Misi Pembagian TUMBLER
Seperti sebelumnya, gelaran kali ini tetap fokus pada pembagian botol minum layak pakai dengan tujuan mengganti botol minum yang tidak layak pakai. Hampir semua siswa-siswi MI Islamiyah Pahmungan, Kedondong, Pesawaran membawa botol minum ketika datang ke sekolah. Namun yang sangat memprihatinkan adalah botol minum yang mereka bawa merupakan botol yang tidak layak dan tidak boleh dipakai berulang-ulang. Botol seperti ini memiliki ciri memiliki gambar segitiga dengan tulisan satu di dalamnya, berbahan tipis dan transparan. Berdasarkan ciri-ciri tersebut maka botol plastik ini hanya boleh dipakai sekali saja karena kandungan BPA pada plastik mudah larut di dalam air, apalagi air hangat dan panas. Jika di pakai dengan rentan waktu yang lama maka air yang diminum akan menyebabkan beberapa penyakit seperti kanker, penurunan kemampuan berfikir, lemah syahwat dll. Tentu saja hal tersebut sangat tidak kita harapkan. Maka dari itu komunitas Ruang Jingga berusaha keras mengganti botol minum mereka denganbotol minumyang layak pakai dan dapat di apakai berulang-ulang dengan jangka waktu yang lama. Botol berkualitas baik memiliki ciri-ciri memiliki gambar segitiga dengan angka 5 di tengahnya, berbahan tebal dan tidak bau. Botol plastik seperi ini juga tahan terhadap air panas dan dingin.

Masih terekam di memori saya kebahagiaan mereka ketika menerima botol minum baru dari kami. Keceriaan khas anak-anak menyebar di ruangan kelas. Satu persatu antri menunggu giliran menukar botol minum lama mereka dengan botol yang baru. Kakak-kakak relawanjuga sibuk mempersiapkan tumbler untuk adik-adik MI Islamiyah Pahmungan. Kebahagiaan bertemu dan menyapa pada momen ini. 

Bersambung....

Siswa-siswi bersalaman sebelum pulang
Salah satu momen pembagian tumbler



Comments