Ruang Jingga dengan Gelaran ke-9

Oleh Delta Rahwanda
Robby Purba memberikan Tumbler

            Tanggal 4 Februari 2017 kemarin komunitas sosial Ruang Jingga melakukan gelaran #1000tumblers4lpg yang ke-9 di MI Islamiyah Pahmungan, Kedondong, Pesawaran. Kegiatan kali ini diikuti oleh 35 relawan yang berasal dari berbagai disiplin ilmu. Seperti pada 8 gelaran sebelumnya, Ruang Jingga fokus pada pemberian Tumbler/ botol minum layak pakai guna mengganti botol minum tidak layak pakai yang di gunakan oleh siswa-siswi MI tersebut. Seperti kita ketahui bersama bahwa botol minum berlogo 1 hanya boleh digunakan sekali saja dan sangat disarankan untuk tidak dipakai berulang-ulang. Ciri-ciri plastik berlogo 1 biasanya memiliki tanda segitiga dengan tulisan angka 1 di dalamnya, berbahan tipis dan trasparan. Plastik jenis ini merupakan plastik dengan kualitas terendah. Oleh karenanya hanya boleh dipakai sekali saja karena kandungan BPA pada plastik tersebut mudah sekali larut bersama air apalagi pada air hangat dan panas. Misi utama Ruang Jingga adalah menyebarkan informasi mengenai hal-hal tersebut (manfaat plastik, logo plastik dll) kepada adik-adik yang kelak akan menjadi generasi penerus bangsa Indonesia dan kemudian Ruang Jingga memberi mereka masing-masing 1 buah tumbler/ botol minum berlogo 5 yang memang bisa dipakai berulang-ulang dengan jangka waktu yang lama.
            Partisipasi Host Ibukota asal Lampung, Robby Purba
Host pada salah satu acara penyaringan bakat di televisi ini berasal dari Lampung. Tentu saja sebagai generasi muda Lampung, Robby Purba memiliki rasa tanggung jawab terhadap kota asalnya. Kemarin adalah kali kedua dia perpartisipasi langsung dalam gelaran #1000tumbler4lpg . Di sela-sela jadwalnya yang padat, Robby Purba berbaur dengan seluruh relawan dan siswa-siwi MI Islamiyah Pahmungan. Ada sesi khusus untuknya dimana dia memberi motivasi kepada siswa-siswi di sana. Gelaran kali ini juga diikuti oleh sepasang muli mekhanai kota Bandar Lampung dan mereka menjelaskan secara detail mengenai fakta-fakta plastik, manfaat plastik, logo-logo pada plastik, manfaat tumbler dan kaitan penggunaan tumbler dengan kegiatan mengurangi plastik. Sepasang muda mudi Lampung ini terlihat kompak dalam menyajikan materi di depan anak-anak. Sesekali terdengar suara riuh khas anak-anak di sela-sela penjelasan Muli Mukahani kota Bandar Lampung ini. Robby Purba dan Muli Mekahani merupakan contoh nyata masih banyak generasi muda yang peduli dengan lingkungan sekitarnya. Salah satu bentuk tanggung jawab kita sebagai generasi muda adalah dengan selalu peduli terhadap lingkungan di mana kita berada.
Gerakan membawa TUMBLER
Apakah kaitan antara menggunakan tumbler dengan gerakan mengurangi plastik? Pertanyaan ini mungkin muncul di benak anda. Jika kita telaah sekilas saja barangkali cara ini tidaklah berhubungan dengan kebersihan lingkungan. Namun ternyata cara ini merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap kebersihan lingkungan sekitar kita khususnya dalam hal mengurangi sampah plastik yang menjadi salah satu masalah utama di setiap kota besar. Sampah plastik sangat sulit terurai sehingga menjadi faktor utama penyebab banjir dan masalah lingkungan lainnya. Sampah tersebut juga menjadi sumber bahaya di lautan karena faktanya setiap sampah plastik umumnya selalu menuju lautan dan akan semakin menjadi masalah ketika telah berkumpul di lautan. Pernah mendengar pulau yang terbentuk oleh sampah di samudra Pasifik yang besarnya bisa melebihi pulau Madura? Pulau ini hampir semuanya terbentuk oleh plastik. Tentu saja sampah ini sangat berbahaya untuk hewan-hewan yang mengira plastik tersebut adalah makanan mereka. Sudah banyak data menjelaskan bahwa banyak sekali hewan dan ikan yang mati seperti anjing laut, penyu, walrus, lumba-lumba, burung dan beberapa hewan lainnya. Secara garis besar bahwa sampah plastik menjadi sumber utama permasalahan lingkungan di kota adalah fakta yang tidak bisa dibantah lagi.
Dengan selalu membawa tumbler merupakan salah satu solusi efektif dalam mengurangi masalah ini. Sebuah penelitian pernah menjelaskan bahwa seorang manusia membuang sebanyak 167 botol minum kemasan setiap tahunnya. Sebuah angka yang sangat fantastis bukan? Bayangkan jika kita hitung saja jumlah manusia sebanyak 2 milyar (Saat ini jumlah penduduk 6 milyar) yang membuang botol minum maka jumlah yang didapat adalah 334 milyar botol setiap tahun. Tidak terbayangkan oleh saya seberapa besar gugusan plastik tersebut jika dikumpulkan menjadi satu!
Dengan cara yang sangat sederhana ini ternyata kita telah menjadi sosok yang aktif dalam menjaga lingkungan kita. Artinya bahwa kita tidak lagi membuang botol minum karena kita selalu membawa tumbler sendiri yang bisa kita pakai berulang-ulang.
Manfaat menggunakan tumbler:
1.      Membantu mengurangi penggunaan botol minum kemasan.
2.      Sehat karena kita selalu mengerti kualitas air minum kita.
3.      Lebih hemat karena kita tidak perlu membeli air minum kemasan.
4.      Aman dipakai berulang-ulang.
5.      Bisa digunakan untuk air dingin dan panas.
Jadi bagi para sahabat sekalian, jika kalian peduli dengan lingkungan maka salah satu langkah awal yang kalian bisa lakukan adalah dengan selalu membawa tumbler sendiri. Kemudian selanjutnya adalah menginformasikan kepada sahabat dan keluarga kalian mengenai solusi ini. Semakin banyak orang yang melakukan maka akan semakin massive dampak yang dirasakan.





Comments