Ruang Jingga gandeng Tubaba Cerdas untuk gelaran ke-10

Oleh Delta Rahwanda



Pengurus Ruang Jingga telah memilih lokasi untuk gelaran #1000tumblers4lpg yang ke-10 yaitu di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Sekolah yang akan dikunjungi tidak hanya satu seperti pada sembilan gelaran sebelumnya namun Ruang Jingga akan mengunjungi 3 sekolah dalam dua hari. Event ini akan diadakan pada tanggal 25 dan 26 Maret 2017 di Sekolah Dasar Negeri 2 Gunung Terang, Sekolah Dasar Negeri 1 Gunung Terang dan Sekolah Dasar Negeri 4 Gunung Terang.

Gelaran kali ini akan diikuti oleh sebanyak 20 relawan termasuk para pengurus. Rencananya kami akan menuju ke lokasi pada hari Sabtu dini hari sekitar pukul 05.00 pagi menggunakan bis PEMDA Tubaba. 

Gelaran kali ini cukup membutuhkan energi yang banyak karena kami harus mengumpulkan tumbler sebanyak 250 buah dan berbagai macam donasi lainnya. Namun Alhamdulillah perlahan namun pasti banyak sekali para donatur yang bersedia membantu sehingga saat ini kami telah hampir memenuhi tumbler yang dibutuhkan. Beberapa donatur juga memberikan beberapa barang pembelajaran.

Selain itu kami juga harus mempersiapkan dengan matang hal-hal lain yang sebelumnya tidak pernah kita lakukan seperti mempersiapkan penginapan di sana, makan kami selama disana dan lain-lainnya. Pengurus juga telah menyampaikan kepada seluru peserta yang ikut untuk mempersiapkan kebutuhan pribadi seperti jaket, selimut, handuk, alat mandi, salin dll. 





Berkolaborasi dengan Tubaba Cerdas

Ketiga sekolah yang telah disebutkan di atas merupakan rekomendasi dari sebuah program mengajar yang ada di sana yaitu Tubaba Cerdas. Tubaba Cerdas merupakan sebuah kegiatan mengajar yang terinspirasi dari Gerakan Indonesia Mengajar.

Selain memilih sekolah, Tubaba Cerdas juga membantu dalam banyak hal seperti membantu mencarikan lokasi menginap kami, transportasi dan makan di sana. Dalam kolaborasi ini,besar harapan kami dapat belajar dari pengalaman mereka selama mengajar di Tubaba.

Seperti kita ketahui bersama bahwa kabupaten Tulang Bawang Barat pernah menjadi salah satu kabupaten yang menjadi daerah penempatan Pengajar Muda Gerakan Indonesia Mengajar hingga akhirnya tercetuslah program Tubaba Cerdas sebagai kegiatan lanjutan agar tercipta pendidikan yang lebih baik.

Tubaba sendiri merupakan sebuah kabupaten yang tergolong muda namun telah sangat gencar dalam memajukan pendidikan di daerahnya. Meski dalam keterbatasan, program ini mendapatkan dukungan penuh dari seluruh instansi. Tubaba Cerdas bukan hanya sebuah program instan namun sebuah program yang dilakukan dengan serius dan mengajak putra-putri Lampung maupun luar Lampung untuk membantu memajukan pendidikan di kabupaten Tulang Bawang Barat.

Untuk info lebih lanjut silahkan klik di sini.






Promosi oleh buyforother.com

Sebuah komunitas dengan ide unik juga membantu dalam mempromosikan kebutuhan tumbler kami untuk gelaran ke-10 ini. www.buyforother.com merupakan sebuah komunitas jual beli di Bandung dimana apa yang kita ingin beli ditujukan untuk didonasikan. Jadi, kita bisa memilih paket yang telah disediakan, kemudian memilih jumlah yang diinginkan. Setelah itu kita mentransfer uang yang sesuai dengan kebutuhan tersebut dan kemudian pengurus akan membeli dan mendistribusikannya. Info lebih lanjut mengenai komunitas ini bisa klik di sini.

Jadi, bagi kalian yang ingin membantu gerakan #1000tumblers4lpg dapat juga menghubungi komunitas ini dan melakukan langkah-langkah yang ada pada web.

Hingga saat ini kami masih membuka kesempatan untuk para sahabat yang berkenan membantu kegiatan kami di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Kami menerima bantuan dalam bentuk Tumbler, uang cash ataupun media pembelajaran. Untuk Donasi dapat menghubungi nomer saya yaitu 085292124767 (Delta).


Comments